Pages

5 Cara Membuat To Do List Harian yang Efektif

cara membuat to do list harian yang efektif


Halo sahabat Bengkel Bunda, apa kabarnya? 

Semoga selalu baik, ya!

Hari ini saya mau sedikit bercerita tentang membuat to do list. Ya, membuat to do list menjadi salah satu KPI (Key Performance Indicator) yang saya buat dalam mencapai tujuan di Bengkel Bunda ini. 

Ada yang sudah rutin membuat to do list harian? Atau mungkin baru mau buat? 

Yuk, kita bahas bareng-bareng. Apa itu to do list harian dan bagaimana cara membuat to do list harian yang efektif. 

Pengertian To Do List Harian

To do list itu artinya daftar tugas-tugas atau kegiatan yang harus kita lakukan pada suatu waktu tertentu. Bisa sifatnya harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. 

Kalau saya sih buatnya to do list harian. Sahabat Bengkel Bunda bisa buat to do list nya sendiri sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa orang bahkan bisa membuat semua to do list nya. Mulai dari to do list harian hingga to do list tahunan. 

Tujuan Membuat To Do List

To do list ini sebenarnya adalah bagian dari sebuah perencanaan. Tujuannya, agar setiap rencana yang dibuat tidak saling bertabrakan. 

Baca Juga : Bagaimana Karakter Terbangun?

Membuat to do list harian ini mencegah kita untuk melupakan kegiatan yang harus dilakukan. Namanya juga memori otak ya, kadang kita bisa lupa. Kan manusia itu tempatnya salah dan lupa (eh kok seperti lirik lagu 🤭).

Cara Membuat To Do List Harian

Berhubung saya baru praktik membuat to do list harian, maka yang saya share adalah cara membuat to do list harian, ya. Nanti kalau saya sudah praktik membuat to do list mingguan, bulanan bahkan tahunan juga akan saya share disini, kok!

To do list harian ini bisa dituliskan dalam beragam media. Bisa ditulis di buku agenda atau di ponsel. Bahkan sekarang juga sudah ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat to do list harian. Baik yang gratisan maupun berbayar. 

Kalau saya, menuliskannya di buku agenda. Setiap pagi, saya selalu menuliskan to do list harian. Tujuannya, supaya semua kegiatan harian yang harus saya lakukan tidak ada yang saya lewatkan. 

Baca Juga : Cara Mengasah Potensi Diri dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Nah ini ada tips dari saya tentang bagaimana cara membuat to do list harian yang efektif. 

⏺️ Pilih media menulis yang paling nyaman

Kalau nyaman menulis tangan, bisa pilih ditulis di agenda atau binder. Kalau tidak mau menulis tangan, bisa menggunakan note di ponsel atau aplikasi to do list. 

⏺️ Tulis semua kegiatan penting yang harus dilakukan pada hari itu

Saya tidak menuliskan semua kegiatan saya dalam to do list harian yang saya buat. Hanya yang penting saja yang ditulis. Misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan. 

⏺️ Tulis berdasarkan prioritas

Biasanya saya membuat daftar tugas harian berdasarkan prioritasnya. Mana yang harus diselesaikan lebih dulu, itu yang ditulis di nomer satu. 

⏺️ Berikan Checklist

Jangan lupa selalu berikan checklist setiap selesai melakukan kegiatan yang ditulis dalam to do list harian. Checklist ini penting untuk bis memandu kita mengetahui mana yang sudah dilakukan dan mana yang belum.

⏺️ Ukur kemampuan

Saat membuat to do list harian jangan lupa mengukur kemampuan. Tuliskan kegiatan-kegiatan yang memang perlu dan bisa kita lakukan. 

Jangan menuliskan daftar kegiatan yang banyak dalam membuat to do list harian. Sesuaikan jumlahnya dengan kemampuan kita. 

Penutup

Ini tadi cerita saya tentang bagaimana membuat to do list harian yang efektif. Semoga tulisan ini bisa membantu sahabat Bengkel Bunda untuk membuat to do list harian. 

Boleh dong sharing juga pengalaman tentang to do list harian. Ceritakan pengalaman membuat to do list harian yang sudah dilakukan sahabat Bengkel Bunda di kolom komentar, ya! 

Terima kasih.