Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Mengenal Karakter





Karakter berasal dari Yunani yang memiliki arti ukiran, goresan yang mengesankan. Manusia tidak lahir dengan karakter bawaan. Karakter lahir dari karena keinginan, pelatihan dan praktek yang terus menerus sehingga terekam dengan baik dalam alam bawah sadar. 

Dr. A.A Roback dalam bukunya yang berjudul The Psychology of Character mendefinisikan karakter adalah kemampuan seseorang untuk mencegah atau menghalangi manusia dari rasa takut, rakus, egois dan angkuh dengan cara melatih kebajikan secara terus menerus.

Karakter juga refleksi sosok yang kita pilih, perilaku dan value yang mengatur kebiasaan dan merefleksikan bagaimana kita menilai diri  kita sendiri dan orang lain.

Membangun karakter baik bisa dimulai dari rumah. Orangtua memiliki peran yang sangat kuat dan berpengaruh. Mulai dari bayi hingga remaja dan menginjak dunia dewasa.

Sejak kanak-kanak, mereka akan melalui tahapan fisik, emosi dan perkembangan intelektual yang akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam belajar tentang moral yang perannya sangat penting saat mereka dewasa nanti. Mereka akan tahu apa yang harus dilakukan ketika kesempatan datang di depan mata. Siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam hidup, dan bagaimana untuk meraih bahagia dan sukses.

Bagaimana untuk membangun karakter? Butuh berapa lama pembangunan karakter pada diri seseorang? Silahkan menyimak artikel selanjutnya






No comments:

Post a Comment