Pages

5 Penulis Perempuan yang Menginspirasi

Penulis perempuan


Halo, sahabat Bengkel Bunda

Apa kabar? 

Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas tentang bagaimana pentingnya memberdayakan perempuan melalui literasi. Kali ini akan menyenangkan jika kita membahas penulis perempuan yang menginspirasi.

Ya, literasi bisa menjadi pintu gerbang perempuan dalam berkiprah. Menjadi penulis termasuk sebuah pekerjaan yang menjanjikan. 

Ada banyak penulis perempuan di Indonesia yang menghasilkan karya-karya inspiratif. Penulis-penulis perempuan itu menjadi bukti, bahwa literasi bisa memberdayakan perempuan.

Siapa saja kelima penulis perempuan yang menginspirasi itu? Yuk, baca sampai akhir ya.

1. NH Dini

NH Dini adalah penulis senior yang banyak menulis buku-buku inspiratif. Penulis yang bernama asli Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini adalah sastrawan perempuan terbaik di Indonesia.

Banyak karya yang sudah dihasilkan, diantaranya "Hati yang Damai" (1961), "Pada Sebuah Kapal" (1973), "La Barka" (1975), dan masih banyak lagi. 

Baca Juga : Perempuan, Yuk Berdayakan Diri Melalui Literasi 

Tahun 2016 lalu, NH Dini memperoleh Lifetime Achievement Award dari gelaran Ubud Writers and Readers Festival. NH Dini berpulang pada 2018 lalu, namun dia tetap abadi dalam karya-karyanya. 

2. Mira W

Bagi sahabat Bengkel Bunda yang besar di era 90 an, pasti tidak asing dengan Mira W. Novel-novel Mira W tak hanya berjejer rapi di rak-rak toko buku, tapi juga ada di perpustakaan-perpustakaan sekolah. 

Mira Widjaja adalah seorang dokter yang juga sukses sebagai novelis di Indonesia. Dia sudah meluncurkan 82 novel. Beberapa diantaranya sudah diangkat ke layar lebar. 

Mira W mulai menulis dengan membuat cerita pendek. Karya pertamanya adalah cerpen yang berjudul "Benteng Kasih", pada tahun 1972. Selanjutnya dia menulis banyak novel yang jadi best seller, seperti "Sepolos Cinta Dini", "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji", dan masih banyak lagi. 

3. Dee Lestari

Dee Lestari adalah nama pena dari Dewi Lestari Simangunsong. Perempuan yang sebelumnya berakhir di dunia tarik suara ini, mulai menulis di tahun 2001.

Sejak itu, Dee Lestari selalu menghadirkan novel-novel yang fenomenal, misalnya"Supernova" dan "Aroma Karsa". 

Beberapa karyanya juga diangkat ke layar lebar, yaitu "Perahu Kertas " dan "Filosofi Kopi". "Menulislah dari hati", adalah pesan yang sering disampaikan oleh Dee Lestari. 

4. Asma Nadia

Asma Nadia juga merupakan salah satu penulis perempuan di Indonesia yang menginspirasi. Asma Nadia hadir dengan novel-novel religi. 

Baca Juga : Pede Menulis Buku Solo

Perempuan berhijab ini sudah banyak menulis novel religi. Beberapa diantaranya sudah diangkat menjadi sinetron maupun film. 

Novel-novel Asma Nadia sukses dikenal masyarakat. Beberapa karyanya antara lain "Assalamualaikum Beijing", "Catatan Hati Seorang Istri", hingga "Surga yang Tak Dirindukan". 

5. Trinity

Menjadi penulis perempuan tak hanya berkarya melalui novel saja. Trinity atau memiliki nama asli Ade Perucha Hutagaol, adalah penulis yang memulai dari blogger.

Awalnya, Trinity selalu membagikan pengalaman wisatanya melalui blog pribadinya. Ini membuat dia lantas dikenal sebagai penulis wisata yang terkenal di Indonesia.

Baca Juga : Tips Menulis Bagi Ibu Rumah Tangga 

Catatan perjalanan ini pun dibukukan. Salah satu karya terbaiknya adalah, "The Naked Traveler", yang sudah diadaptasi ke dalam bentuk film layar lebar di tahun 2017. 

Kelima perempuan penulis ini sangat menginspirasi. Mereka menghadirkan karya-karya terbaiknya di bidang literasi. Mereka adalah bukti bahwa, literasi bisa memberdayakan perempuan. 

Bagaimana dengan sahabat Bengkel Bunda? Adakah yang ingin menjadi penulis? 



0 comments:

Post a Comment