Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Pede Menerbitkan Buku Solo

Tips Menulis Buku Solo


Halo, Sahabat Bengkel Bunda

Apa kabar? 

Hari ini Bengkel Bunda akan menceritakan keseruan live IG bersama salah satu Co Founder Bengkel Bunda, Dian Kusumawardani atau yang akrab disapa mbak DK. 

Di live IG yang digelar pada tanggal 18 Agustus 2022 lalu, mbak DK berbagi bagaimana bisa percaya diri menerbitkan buku solo. Live IG ini dipandu oleh Teh Fuji, selaku Promotion Manager Bengkel Bunda. 

Profil Narasumber

Mbak DK adalah seorang ibu dari dua orang puteri yang tinggal di Sidoarjo. Sehari-hari sibuk membersamai buah hatinya. Menjadi home educator bagi anak-anaknya yang sekolah di rumah. 

Memiliki hobi menulis sejak kecil. Dulu rajin menulis buku harian, membuat puisi, dan cerpen. Lalu saat kuliah disibukkan dengan menulis artikel ilmiah karena menjadi asisten dosen bidang penelitian. 

Saat memutuskan resign dan menjadi ibu rumah tangga, mulai menulis lagi. Bergabung dengan komunitas ODOP (One Day One Post) yang kini bernama KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional). 

Setiap hari menulis jurnal kegiatan anak-anaknya. Siapa sangka catatan perjalanan home educationnya bisa menjadi sebuah buku. 

Tips Menulis Buku Solo


Buku solo pertamanya berjudul "Ibuku adalah Sekolah Terbaikku", terbit pada tahun 2018. Tahun 2022 kembali menelurkan buku solo kedua. Kali ini judulnya "Ibuku Sahabat Belajarku". 

Tips Menulis Buku Solo


Kedua buku solo yang ditulis bercerita tentang praktik home education berbasis fitrah. Buku pertama tentang pelaksanaan home education berbasis fitrah untuk usia pra latih (0-7 tahun). Sedangkan buku solo kedua bercerita tentang praktik home education berbasis fitrah untuk usia pra aqil baligh (7-10 tahun). 

Percaya Diri Menulis Buku Solo


Tips Menulis Buku Solo

Menulis buku solo menjadi cita-citanya sejak lama. Awalnya juga tidak percaya diri. Merasa belum siapa-siapa tapi sudah meluncurkan sebuah buku. 

Beruntung dikelilingi support system yang mendukung dan niat baik, buku solo perdana bisa diterima dengan baik. Bahkan bisa laku kurang lebih 3.000 eksemplar. 

Berbekal niat baik untuk saling berbagi seputar praktik home education berbasis fitrah, Mbak DK menuluncurkan buku keduanya. 

Kiat Menulis Buku Solo

Sebelum meluncurkan buku solo, Mbak DK mulai rutin menulis setiap hari dan juga belajar dengan mentor. Mentor yang membimbing penulisan naskah buku dari awal hingga akhir. 

Baca Juga : Pelatihan Menulis Bengkel Bunda

Lalu setelah buku selesai, mencari penerbit yang mau membantu menerbitkan buku. Tak hanya membantu menerbitkan, tapi juga membantu penjualan buku. 

Menulis buku solo itu kuncinya percaya diri dan konsisten. Percaya diri jika punya niat baik berbagi dengan tulisan. Konsisten menulis setiap hari agar naskah buku selesai tepat pada waktunya.

Percaya Diri dengan Potensi yang Dimiliki

Kalau sahabat Bengkel Bunda juga punya potensi dalam bidang kepenulisan, jangan ragu untuk memulai menulis buku. Bisa diawali dengan menulis buku antologi dulu sebelum menulis buku solo. 

Baca Juga : Dahsyatnya Kekuatan Atomic Habits

Atau memiliki potensi lainnya, jangan ragu. Kembangkan potensi yang dimiliki dengan penuh percaya diri. 

Bengkel Bunda siap hadir membersamai para sahabat  untuk menumbuhkan serta memancarkan rasa percaya diri dengan potensi dan  profesi masing-masing.



No comments:

Post a Comment