Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Pada Ibu

Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Pada Ibu

Halo, sahabat Bengkel Bunda

Apa kabar? 

Pernahkah sahabat merasa tidak percaya diri? Menjadi insecure melihat pencapaian orang lain?

Ah, sebagai manusia biasa tentu kita pernah tidak percaya diri. Melihat kondisi kita yang ternyata tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain. 

Saat ada ibu yang sukses dengan karirnya, kita merasa insecure.

Saat ada ibu yang sukses mendidik anak-anaknya, kita juga insecure. 

Tentunya kita tidak boleh membiarkan rasa tidak percaya diri itu berlarut-larut. Itu akan jadi bumerang bagi diri sendiri. 

Apalagi, sangat penting bagi seorang ibu untuk punya rasa percaya diri. 

Hari ini, saya akan cerita tentang pentingnya membangun rasa percaya diri pada ibu. 

Percaya Diri Itu

Sebelum saya cerita  pentingnya membangun rasa percaya diri pada ibu, kita diskusi dulu ya tentang apa itu percaya diri. 

Menurut sahabat Bengkel Bunda, apa sih percaya diri itu?

Apakah percaya diri itu artinya kita bangga dengan diri sendiri? Apakah percaya diri itu artinya kita menerima setiap pencapaian yang ada pada diri kita? 

Percaya diri diartikan sebagai sikap dimana seseorang mampu berpikir positif dan percaya pada kemampuan yang dimilikinya bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang yang ada disekitarnya.

Orang yang percaya diri tidak akan beranggapan bahwa dirinya adalah penghambat untuk mencapai sesuatu. 

Baca Juga : Pede Menerbitkan Buku Solo

Seorang ibu yang percaya diri, tidak akan merasa perannya sebagai ibu adalah penghalang dalam mencapai tujuan.

Ibu yang percaya diri akan menjalankan semua peran keibuannya dengan bersungguh-sungguh, memanfaatkan semua potensi yang dimilikinya. 

Mengapa Ibu Harus Percaya Diri?

Percaya diri adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang. Bila ingin jadi orang yang sukses, tentu harus menjadi orang yang percaya diri terlebih dahulu. 

Dengan kepercayaan diri itu, setiap orang akan mengerahkan setiap potensi terbaiknya dalam mencapai impiannya. 

Begitu juga untuk ibu. Penting bagi seorang ibu untuk memiliki rasa percaya diri. Mengapa?

Pertama, ibu adalah individu yang punya hak untuk mengembangkan setiap potensi yang dimiliki. Status sebagai seorang ibu bukan menjadi penghalang dalam mengembangkan potensi. 

Oleh karena itu, ibu perlu memiliki rasa percaya diri. Agar tetap bisa mengembangkan setiap potensi yang dimiliki, seraya melakukan peran keibuannya. 

Kedua, ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Ibulah yang mendidik anaknya untuk bisa tumbuh menjadi pribadi hebat. Tentunya anak yang bisa tumbuh menjadi pribadi hebat adalah anak yang memiliki rasa percaya diri. Bila ibunya memiliki rasa percaya diri, maka anaknya pun akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri. 

Ketiga, dengan memiliki rasa percaya diri, seorang ibu akan semakin sering bersyukur. Menerima apa yang ada pada dirinya. Mengembangkan setiap potensi yang dimiliki. Tak akan merasa insecure dengan pencapaian orang lain. 

Keempat, rasa percaya diri akan membuat ibu menjadi bahagia. Ibu tidak akan galau lagi dengan apa yang bukan jadi miliknya. Hatinya akan tenang menerima apa yang ada pada dirinya. Happy mom raise happy kids. 

Kelima, percaya diri membuat seorang ibu menjadi lebih berdaya. Dengan rasa percaya dirinya itu, ibu bisa memanfaatkan semua potensi terbaiknya untuk menjadi ibu yang berdaya. 

Baca Juga : Perempuan, Yuk Berdayakan Diri Melalui Literasi 

Membangun Rasa Percaya Diri Pada Ibu

Sahabat, setelah tahu betapa pentingnya seorang ibu memiliki rasa percaya diri, kini apa yang bisa dilakukan agar ibu bisa punya rasa percaya diri tersebut? 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangun rasa percaya diri.

1. Menulis jurnal syukur

Banyak penelitian membuktikan, rutin menulis jurnal syukur bisa membangun rasa percaya diri. Jurnal syukur memudahkan kita melihat hal-hal baik yang sudah kita miliki. 

2. Belajar

Belajar akan membangun rasa percaya diri. Dengan belajar pengetahuan akan bertambah. Ini membuat kita lebih percaya diri.

3. Inspirasi

Mencari inspirasi dari orang-orang yang sukses bisa membuat kita lebih percaya diri. Orang-orang sukses tentu memiliki rasa percaya diri yang bisa kita jadikan inspirasi. 

4. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas, apalagi yang sevisi, bisa membuat kita lebih percaya diri. Ada teman yang akan saling membantu untuk membangun rasa percaya diri. 

Bengkel Bunda menjadi komunitas atau wadah bagi setiap perempuan untuk bisa percaya diri dengan potensi yang dimiliki. Bersama-sama menjadi pribadi yang selesai dengan diri sendiri.

5. Ikut Pelatihan

Mengikuti pelatihan juga bisa membangun rasa percaya diri. Dengan pelatihan kita bisa dibimbing untuk membangun rasa percaya diri. 

Seperti pelatihan yang akan digelar oleh Bengkel Bunda pada awal Oktober lalu. Setelah sukses melakukan pelatihan membangun rasa percaya diri bersama Rumah Asa, Bengkel Bunda hadir kembali untuk memberikan pelatihan kepada setiap ibu agar menjadi pribadi yang percaya diri. 

Jangan lupa untuk ikut serta ya Sahabat, dapatkan informasinya pada gambar di bawah ini.

Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Pada Ibu

Demikian cerita saya tentang bagaimana membangun rasa percaya diri pada ibu. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Sahabat Bengkel Bunda untuk membangun rasa percaya diri. 

No comments