Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Pelatihan Menulis Bengkel Bunda

Pelatihan menulis


Beberapa waktu lalu, Bengkel Bunda mengadakan pelatihan menulis. Pelatihan ini sifatnya adalah pelatihan menulis dasar atau basic writing. Mentornya adalah anggota Bengkel Bunda yang memang menggeluti bidang kepenulisan. 

Pada pelatihan ini, peserta tidak hanya diberi teori-teori kepenulisan dasar, tetapi juga melakukan praktik secara langsung. Pelatihan diadakan dua kali perempuan menggunakan Google Meet dan pendamping intensif dalam grup WhatsApp.

Baca Juga : 5 Cara Membuat To Do List Harian yang Efektif

Materi yang diberikan adalah tentang bagaimana mencari ide tulisan, membuat outline dan melakukan praktik membuat tulisan. 

Pertemuan pertama membahas bagaimana mencari ide tulisan. Ide tulisan bisa dicari dari pengalaman sendiri, pengalaman orang lain atau referensi. Lalu bagaimana membuat outline yang baik. Outline memudahkan untuk mengeksekusi ide tulisan. 

Baca Juga : Menulis untuk Bahagia

Setelah itu selama seminggu peserta diberi kesempatan membuat tulisan sesuai teori yang sudah disampaikan. Tulisan bisa ditulis dalam bentuk artikel blog ataupun postingan di sosial media.

Peserta juga bisa saling berdiskusi di grup WhatsApp. Bisa bertanya jika masih ada materi yang belum dimengerti. 

Setelah seminggu, pertemuan kedua membahas hasil tulisan dari setiap peserta. Rata-rata semua peserta sudah bisa membuat tulisan yang baik, sesuai outline yang sudah dibuat sebelumnya. Ide tulisannya juga menarik-menarik. Berasal dari aktivitas harian dan hal yang disukai dari setiap peserta. Bagi peserta yang sudah membuat tulisan akan diberikan e-sertifikat. 

Pelatihan pertama dari Bengkel Bunda ini bisa dibilang cukup sukses. Peserta sudah menguasai teori dan praktik. Hanya perlu terus konsisten menulis. 

Bahkan ada juga beberapa peserta yang ingin ada kelas lanjutan. Tentu ini akan jadi pertimbangan bagi Bengkel Bunda. Bengkel Bunda akan selalu memberikan beragam pelatihan yang bisa mengasah potensi agar menjadi pribadi yang percaya diri. 

Baca Juga : Mengenal Karakter 

Jadi, jangan lupa ya untuk terus mengikuti informasi Bengkel Bunda di sosial medianya. Agar tidak ketinggalan informasi tentang kursus apa yang diadakan oleh Bengkel Bunda. Boleh juga berbagi saran untuk kursus yang ingin diikuti di Bengkel Bunda. 

Terima kasih.