Pages

Discover Your Potential

 

Potensi Diri

Discover Your Potential adalah slogan dari Bengkel Bunda. Tentu ini juga bukan sekadar slogan, tetapi menjadi nafas dalam perjalanan kami. 

Apa itu Potensi? 

Sebelum membahas tentang bagaimana menemukan potensi, pastinya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu potensi. 

Apa yang teman-teman pikirkan saat mendengar kata "potensi"? Apakah teman-teman akan menyebutkan rentetan kemampuan yang teman-teman miliki? Atau justru terdiam, karena ragu akan kemampuan yang dimiliki.

Bisakah dikatakan jika potensi itu sama dengan kemampuan yang dimiliki? Pernyataan tersebut benar meski belum sepenuhnya. 

Potensi adalah kemampuan dalam diri seseorang yang belum teraktualisasi, belum dipraktikkan, dan belum digunakan. Bisa dikatakan bahwa potensi diri adalah tentang kemampuan tersembunyi dihadapkan dengan peluang yang jika tidak dioptimalkan akan menjadi sia-sia dan tidak berguna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), potensi diri adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang, namun belum dipergunakan secara maksimal.  

Jadi, kesimpulannya potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang namun belum diaktualisasikan. 

Bagaimana Menemukan Potensi? 

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menemukan potensi diri ini? Bagaimana agar semua potensi yang kita miliki bisa diaktualisasikan? 

Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk menemukan potensi diri ini. 

Pertama, yakinlah bahwa kita semua punya potensi. Ya, ini adalah langkah pertama agar kita bisa menemukan potensi diri kita masing-masing. 

Yakinlah, bahwa Tuhan menciptakan kita dengan potensi masing-masing. Tidak ada orang di dunia ini yang lahir tanpa punya potensi. 

Keyakinan ini yang nantinya menjadi penuntun kita dalam berproses untuk menemukan potensi diri kita masing-masing. Ingat, percaya diri adalah modal utama dalam melakukan aktivitas. Termasuk saat berupaya menemukan potensi diri. 

Kedua, melakukan tes potensi. Saat ini banyak sekali tes atau tools yang bisa membantu kita menemukan potensi diri. Salah satunya melalui Talents Mapping

Tes atau tools ini akan memudahkan kita dalam menemukan potensi diri. Teman-teman bebas memilih tes atau tools sesuai kebutuhan masing-masing. 

Ketiga, melakukan banyak aktivitas. Dengan melakukan banyak aktivitas kita bisa punya banyak referensi. Pengalaman yang kita dapatkan dari beragam aktivitas tersebut itulah yang akan menuntun kita menemukan potensi diri. 

Meski cara ini lebih panjang daripada menggunakan alat atau tools cek potensu,  cara ini memungkinkan kita untuk mengetahui apa yang kita suka dan apa yang kurang cocok untuk kita.

Keempat, berpikir terbuka. Jangan lupa untuk selalu open minded dalam upaya menemukan potensi diri. Mengapa sangat penting untuk berpikir terbuka?

Pikiran terbuka membantu kita memahami bahwa setiap orang punya potensi masing-masing. Potensi diri juga luas, tak sekadar potensi akademik ataupun hal-hal yang mainstream. 

Dengan begitu, kita akan lebih enjoy dalam menemukan potensi diri. Menikmati setiap proses penemuan ini. 

Kelima, diskusi dengan orang-orang terdekat. Terkadang saat kita masih ragu akan potensi diri sendiri, orang lain justru bisa menilai kita. 

Tak ada salahnya bertanya atau berdiskusi dengan orang-orang terdekat. Siapa tahu mereka justru bisa memberi petunjuk bagi kita untuk bisa menemukan potensi diri. 

Keenam, fokus pada hal yang disukai. Jika menentukan potensi-potensi yang kita miliki, kita juga harus memastikan bahwa kita bahagia melakukan hal-hal ini. 

Ketika kita sudah yakin dengan potensi dan kebahagiaan kita dalam suatu bidang, jangan ragu untuk mengembangkannya. Teruslah belajar dan mengasah potensi yang kita miliki agar bisa menebar manfaat. 

So, are you ready to discover your potential with Bengkel Bunda?