10 Kegiatan Selama Liburan Sekolah yang Bisa Dilakukan di Rumah

 

10 Kegiatan Selama Liburan Sekolah yang Bisa Dilakukan di Rumah



Libur telah tiba, libur telah tiba… 

Hore.. hore… hore… 



Hayooo, siapa yang baca sambil nyanyi? Hehe, penggalan lagu milik Tasya Kamila biasanya akan sering terdengar akhir-akhir ini. Yup, ini pekan terakhir masuk sekolah. Anak-anak akan bersiap menikmati libur sekolah sebentar lagi.


Anaknya happy, orang tua bingung. Hehe, bagaimana nggak bingung, anak libur sekolah, orang tua ya tetap kerja. Belum lagi, bulan Juni, bulan banyak pengeluaran bagi orang tua. Mulai dari bayar daftar ulang sekolah, bayar biaya masuk sekolah bagi yang naik jenjang, bayar pesta perpisahan kelas, beli buku tahun ajaran baru, ditambah lagi, bulan ini ada Hari Raya Idul Adha. Super banget pengeluaran bulan Juni. 


Bukan begitu sahabat Bengkel Bunda? 


Hehe, jangan sedih. Meski dengan kondisi keuangan yang terbatas, kita bisa tetap memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi anak-anak. 


Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa digunakan untuk mengisi liburan sekolah. 


Berikut 10 kegiatan selama liburan sekolah yang bisa dilakukan di rumah. 


Bersepeda


Bersepeda bisa menjadi kegiatan untuk mengisi libur lebaran. Ajak anak main sepeda di sore hari. Tentu mereka akan senang, bisa beraktivitas di luar ruangan sambil berolahraga. 


Tak hanya untuk mengisi waktu, bersepeda bisa menjadi aktivitas yang membuat anak tetap sehat dan bugar selama liburan sekolah. 


Camping di halaman rumah


Mau camping tapi belum ada waktu? Bisa camping di rumah saja. Sulap halaman rumah sebagai arena camping. Jangan lupa sediakan juga aneka menu barbeque, biar semakin terasa sedang berkemah. 


10 Kegiatan Selama Liburan Sekolah yang Bisa Dilakukan di Rumah



Dirikan tenda, sambil membawa buku cerita yang menarik. Pasti anak-anak senang jika didongengin saat berkemah. 


Membuat mainan DIY


Membuat mainan DIY (Do It Yourself) juga bisa menjadi kegiatan yang seru selama liburan sekolah. Biarkan anak berkreasi membuat mainannya sendiri. 


Baca Juga : Tips Langkah Mudah Memiliki Rumah Rapi


Jika bisa, gunakan saja bahan-bahan bekas yang ada di rumah. Ini bisa menjadi agenda decluttering juga. Anak jadi kreatif, rumah jadi lebih sparkling! 


Berkebun


Ajak anak berkebun saat mereka libur sekolah. Pilih metode berkebun yang paling mudah. Biarkan anak terlibat dari awal hingga akhir. 


Berkebun bisa mengasah kecerdasan natural anak. Sekaligus bisa melatih anak bertanggungjawab. Mereka akan bertanggung jawab agar tanamannya terus tumbuh subur. 


Bermain dengan hewan peliharaan


Bermain dengan hewan peliharaan juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Jika masih masuk sekolah, waktu mereka terbatas. Sekarang, saat liburan mereka bisa sepuasnya bermain dengan hewan peliharaannya. 


Bermain board game


Biasanya, saat libur sekolah anak lebih banyak kesempatan bersama orang tua. Ini bisa jadi momen quality time antara orang tua dan anak. 


Ajak anak bermain board game. Mereka pasti suka. Ada banyak board game yang bisa dipilih, mulai dari monopoli, ular tangga, halma, atau board game kekinian yang sedang tren saat ini. 


Cooking class


Berhubung saya memiliki dua anak perempuan yang sama-sama suka bereksperimen di dapur, cooking class selalu menjadi agenda rutin di rumah saat liburan sekolah. 


Liburan sekolah



Anak-anak suka memasak saat liburan sekolah. Mereka biasanya membuat camilan favoritnya. 


Sains eksperimen


Membuat berbagai percobaan sains sederhana juga seru untuk mengisi waktu liburan sekolah. Ajak anak melakukan berbagai eksperimen sains sederhana. Gunakan bahan yang ada di rumah. 


Baca Juga : Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Menyemai Makna Pendidikan dalam Kehidupan


Sains eksperimen adalah kegiatan mengisi liburan yang menyenangkan dan bermanfaat. Kegiatan yang juga bisa mengajak anak bermain sambil belajar. 


Virtual tour


Sejak pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu, virtual tour menjadi cara wisata baru yang lazim dilakukan. Mengisi liburan sekolah dengan melakukan virtual tour seru juga. 


Baca Juga : Virtual Tour, Cara Baru Wisata Saat Pandemi


Beberapa tempat wisata di Indonesia sudah banyak yang memberikan layanan virtual tour. Melalui kegiatan ini, anak tetap merasakan jalan-jalan saat liburan, meski dari dalam rumah. 


Bermain bersama tetangga


Terakhir, bermain bersama tetangga juga menjadi kegiatan favorit anak-anak saat liburan sekolah. Mereka bisa bermain bebas di luar rumah. Memainkan mainan tradisional seperti gundu, layang-layang, gobak sodor, patil lele, hingga petak umpet. 


Akan rame dan seru jika banyak anak-anak seumur disekitar rumah. Mereka bisa bermain bersama saat liburan sekolah. 


Ini bisa melestarikan permainan tradisional sekaligus mengasah kemampuan interpersonal anak. Mereka bisa menjalin keakraban dengan teman sebayanya. 


Bagaimana? Diantara 10 kegiatan di atas, mana yang akan sahabat Bengkel Bunda pilih untuk mengisi waktu libur anak-anak? 


Ceritakan di kolom komentar, ya! 


Terima kasih. 

No comments