7 Hal Sederhana untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia


7 Hal Sederhana untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia




Halo, sahabat Bengkel Bunda. 

Apa kabar? Semoga selalu baik, ha! 

Tahukah sahabat, jika hari ini diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 


Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Para ibu seperti sahabat Bengkel Bunda, memiliki peran besar dalam mendidik keluarga dan masyarakat tentang keberlanjutan dan pelestarian alam. 


Berikut adalah beberapa ide perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bisa dilakukan oleh para ibu:


1. Mengadakan Workshop Daur Ulang


Sahabat bisa mengadakan workshop tentang cara mendaur ulang barang-barang rumah tangga. Ini bisa mencakup pembuatan kompos dari sampah organik, mendaur ulang plastik menjadi barang-barang berguna, atau mengubah kain bekas menjadi kerajinan tangan. Workshop ini tidak hanya mengedukasi tetapi juga memberikan keterampilan praktis yang berguna.


2. Menanam Pohon dan Berkebun


Mengajak anak-anak dan keluarga untuk menanam pohon atau berkebun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif. Ibu bisa mengajarkan anak-anak tentang pentingnya pohon bagi lingkungan, proses fotosintesis, dan cara merawat tanaman. Selain itu, kegiatan ini dapat memperkuat ikatan keluarga sambil mendukung upaya penghijauan.


3. Kampanye Hemat Energi di Rumah


Sahabat jug bisa memimpin kampanye hemat energi di rumah. Langkah-langkah sederhana seperti mematikan lampu saat tidak digunakan, menggunakan peralatan hemat energi, dan mematikan peralatan elektronik yang tidak sedang digunakan dapat sangat membantu mengurangi konsumsi energi. Ibu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk mengikuti program hemat energi yang lebih besar, seperti menggunakan panel surya atau sistem pengumpul air hujan.


Baca Juga : 5 Cara Hemat Air dan Dampaknya Terhadap Bumi


4. Mengurangi Penggunaan Plastik


Mendorong keluarga untuk mengurangi penggunaan plastik adalah langkah penting dalam menjaga lingkungan. Para ibu bisa memulai dengan membawa tas belanja kain, menggunakan botol minum yang bisa diisi ulang, dan menghindari produk sekali pakai. 


Baca Juga : Tips Mengolah Sampah Rumah Tangga


Selain itu, ibu bisa mengajarkan anak-anak tentang dampak negatif plastik bagi lingkungan dan bagaimana mereka bisa membantu menguranginya.


5. Mengorganisir Kegiatan Membersihkan Lingkungan


Menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat. 


Baca Juga : Tips Langkah Mudah Memiliki Rumah Rapi


Sahabat bisa mengajak tetangga dan komunitas untuk membersihkan taman, pantai, atau area publik lainnya. Kegiatan ini tidak hanya membuat lingkungan lebih bersih tetapi juga membangun rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama.


6. Membuat Produk Ramah Lingkungan di Rumah


Ibu bisa mencoba membuat produk ramah lingkungan di rumah, seperti deterjen alami, sabun buatan sendiri, atau lilin dari bahan organik. Produk-produk ini tidak hanya lebih aman untuk lingkungan tetapi juga bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk keluarga. Selain itu, ini bisa menjadi kesempatan untuk memulai usaha kecil yang mendukung keberlanjutan.


7. Edukasi dan Kampanye Media Sosial


Ibu bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan penting tentang pelestarian lingkungan. Membagikan tips hemat energi, cara daur ulang, dan pentingnya menjaga lingkungan bisa menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan kesadaran secara luas. Membuat konten kreatif seperti video tutorial atau infografis juga bisa menarik perhatian lebih banyak orang.


Penutup


Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah kesempatan sempurna bagi para ibu untuk mengambil peran aktif dalam menjaga dan melestarikan bumi. Dengan melakukan berbagai kegiatan sederhana namun bermakna, para ibu bisa menjadi agen perubahan yang mendidik dan menginspirasi keluarga serta komunitas untuk hidup lebih ramah lingkungan. Mari kita jadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai momentum untuk beraksi dan memberikan warisan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang.







3 comments

  1. Setuju Bunda! Apalagi terkadang sesuatu yang dimulai dari rumah itu kelihatan sepele namun bisa saja berdampak positif yang luar biasa jika dilakukan secara serentak dan dengan waktu yang terus menerus. Bukan begitu, Bunda?

    ReplyDelete
  2. Tanggal 5 Juni kemarin sebagian dari kami mengikuti kerja bakti bersih lingkungan sedangkan sebagian lain menanam bersama. Semoga lingkungan kita tetap dapat terjaga dg baik ya .

    ReplyDelete
  3. Setuju banget tuh, kampanye-kampanye media sosial tentang lingkungan, reminder terus-terusan sama pengguna biar kita peduli. Termasuk saya juga, kampnye lingkungan mendorong saya untuk tidak buang sampah sembarangan, dan satu lagi sekarang limbah RT tidak pernah dibuang, tapi selalu dijadikan pupuk.

    ReplyDelete