Hari Perempuan Internasional 2024 : Berbeda untuk Berdaya

 

Hari Perempuan Internasional 2024 : Berbeda untuk Berdaya




Selamat Hari Perempuan Internasional! 


Hari ini, 8 Maret 2024, seluruh perempuan di dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional diperingati tiap tahunnya pada 8 Maret. IWD merupakan hari aktivisme global yang telah diperingati sejak 1911 dengan komitmen mendorong kesetaraan perempuan.


Pada tahun ini, peringatan IWD mengambil tema 'Inspire Inclusion' atau 'Menginspirasi Inklusi'. Hal ini sama dengan merayakan keberagaman dan pemberdayaan di seluruh aspek masyarakat. Peran inklusi diperlukan untuk mencapai kesetaraan.


Perbedaan bukanlah penghalang. Perempuan tak perlu takut dengan perbedaan. Perbedaan adalah kekuatan. Berbeda untuk berdaya. 


Pencapaian Perempuan


Tahun 2024 bisa menjadi momen untuk merayakan pencapaian besar yang telah diraih oleh perempuan di seluruh dunia. Mulai dari pemimpin politik hingga tokoh bisnis, akademisi, dan aktivis, perempuan telah memainkan peran kunci dalam mendorong perubahan positif dan memecahkan stereotip gender.


Baca Juga : Tips Meraih Kesuksesan Bagi Ibu Rumah Tangga


Perempuan memiliki beragam potensinya masing-masing. Melalui potensinya, perempuan melakukan perannya. Mereka menjadi bagian dari solusi. 


Tantangan yang Masih Dihadapi


Meskipun ada kemajuan yang signifikan, tantangan tetap ada. Kesetaraan gender belum tercapai di banyak bagian dunia. Perempuan masih menghadapi diskriminasi di tempat kerja, kesulitan dalam mencapai posisi kepemimpinan, dan risiko kekerasan gender yang tinggi. Ini menekankan perlunya terus berjuang untuk perubahan yang lebih besar.


Langkah-langkah Menuju Kesetaraan


Peringatan Hari Perempuan Internasional juga merupakan kesempatan untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mempercepat kemajuan menuju kesetaraan gender. 


Baca Juga : Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional


Ini termasuk kebijakan yang mendukung penghapusan diskriminasi, inisiatif untuk meningkatkan akses perempuan terhadap pendidikan dan pekerjaan, serta upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan inklusif bagi perempuan.


Kesimpulan


Hari Perempuan Internasional tahun 2024 adalah kesempatan untuk merayakan pencapaian perempuan, mengangkat kesadaran akan isu-isu yang masih dihadapi, dan membangun momentum menuju kesetaraan gender yang lebih besar. 


Memberikan dukungan terhadap setiap perempuan. Bahwa mereka semua berharga. Bahwa setiap perempuan memiliki potensinya. 


Melalui kolaborasi dan komitmen bersama, perempuan dapat menciptakan dunia di mana setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi secara maksimal. 


Jadi, sahabat Bengkel Bunda jangan takut berbeda. Berbeda untuk berdaya. 

No comments