Menemukan potensi anak Melalui Kegiatan di Rumah




Halo, sahabat Bengkel Bunda.. 

Apa kabar? 


Beberapa waktu lalu, Bengkel Bunda berkolaborasi dengan Rumah Konsultasi Bakat, mengadakan Zoominar "Menemukan Potensi Anak Melalui Kegiatan di Rumah".


Bersama teh Rima Melanie, Bengkel Bunda berdiskusi banyak tentang potensi anak. 


Semua Anak Adalah Bintang


Semua anak adalah bintang



Kalimat di atas menjadi pembuka diskusi Bengkel Bunda dengan Teh Rima. Bicara tentang potensi, orang tua tak perlu khawatir. Setiap anak itu punya potensi. Setiap anak adalah bintang, mereka akan sukses dengan potensinya masing-masing. 


Hal yang perlu dilakukan orang tua adalah membantu mengenali potensi yang dimiliki anak. Kemudian memetakan dan memandu anak agar bisa mengoptimalkan potensinya tersebut. 


Apa itu Potensi dan Bakat? 


Sebelum membahas bagaimana menemukan potensi anak, mari kita bahas dulu apa itu potensi, apa bedanya dengan bakat? 


Potensi berarti kemampuan yg mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan dan daya. Berpotensi artinya memiliki potensi. Menurut kamus bahasa Indonesia, potensi adalah kesanggupan, daya, kemampuan untuk lebih berkembang. Setiap orang memiliki potensi, dan tentu berbeda setiap apa yang dimiliki antara satu orang dengan orang lain.


Sedangkan, bakat adalah sebuah sifat dasar, kepandaian dan pembawaan yang dibawa sejak lahir. 


Cara Menemukan Potensi Anak


Bagaimana cara menemukan potensi anak? Tentunya dengan melakukan kegiatan bersama anak. Berikan anak banyak kegiatan untuk menemukan potensinya. 


Agar tidak bingung bagaimana membuat kegiatan bersama anak, sahabat bisa menggunakan Pandu 45. 


Pandu 45 merupakan tools yang dikenalkan oleh Bu Septi dan Pak Dodik yang merupakan pendiri dan inisiator Komunitas Ibu Profesional. 


Dari pengalaman beliau berdua selama mendidik putra-putrinya kemudian dirumuskan dalam aktifitas yang dikombinasikan dengan personality atau talents yang masuk kedalam tools yang dinamakan pandu 45. 


Baca Juga : Panduan Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak


Disebut pandu, konon beliau berdua berjumpa di acara kepanduan, pramuka. Sedangkan 45 merupakan jumlah atau menu aktivitas yang disediakan didalam tools tersebut. Intinya ragam aktivitas ini sungguh menyenangkan bagi anak dan bisa membantu untuk menemukan potensinya. 


Setelah melakukan kegiatan, jangan lupa untuk mencatatnya di jurnal anak. Pencatatan jurnal ini tak hanya untuk mendokumentasikan saja, tapi juga bisa menjadi petunjuk kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan sekaligus memberikan treatment-treatment khusus jika diperlukan. 


Simpan karya yang dihasilkan saat berkegiatan. Tak perlu mencatat semua secara mendetail, tetapi cukup catat hal-hal yang menarik dan juga poin-poin pengamatan saja. 


Baca Juga : Merekatkan Bonding dengan Anak Melalui Komunikasi Antar Personal


Bagaimana? Menemukan potensi anak tidak sulit, kok. 

Oh ya, bagi sahabat yang tidak bisa hadir di acara Zoominar, bisa mendengarkan rekamannya di video ini ya. 





Penutup


Jadi, tak perlu risau dan galau. Yakinlah bahwa setiap anak punya potensi. Hal yang perlu dilakukan orang tua adalah membantu anak menemukan potensinya. Lakukan banyak kegiatan bersama dan tuliskan dalam jurnal. 


Yuk, sahabat Bengkel Bunda, semangat berkegiatan bersama untuk membantu anak menemukan potensinya! 






18 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kece bener nih Bu Septi dan Pak Dodik, berkat Pandu 45, anak-anak jadi bisa lebih kreatif dan imajinatif.

    ReplyDelete
  3. Toolsnya bermanfaat banget nih ya kak, keren deh pencipta tools or aplikasi ini utk bantu ortu cek ricek potensi anak

    ReplyDelete
  4. Bukan hal yang mudah menemukan dan mengembangkan potensi anak. Tapi bukan berarti ngga bisa. Buktinya ada tools yang bisa memudahkan kita kayak begini.

    ReplyDelete
  5. Kalo ada tools seperti Pandu 45 ini, akan lebih mudah menemukan potensi anak dan mengembangkannya. Keren banget sih tools seperti ini

    ReplyDelete
  6. Enak ya sekarang sudah ada Pandu 45 yang bisa membantu kita menemukan potensi anak. Saya dulu sering bingung menentukan potensi anak di mana.

    ReplyDelete
  7. Setiap anak memang memiliki potensinya masing-masing. Kita sebagai orang tua kudu tahu gimana cara menemukan potensi pada anak, dan mendukung biar makin berkembang.

    ReplyDelete
  8. Setuju kak. Setiap anak pasti pny potensi masing2. Tinggal ortu aja yg bs memahami dan bs mengarahkan potensi anak menjadi bakat yg bs meningkatkan skills anak. Sehingga stlh trs dilatih akan menjadi kelebihan.

    Aku mau lht videonya deh abis ini. Smg bs memberikan manfaat buatku yg msh pny anak kecil.

    ReplyDelete
  9. Bener nih, sebagai orang tua kudu paham bener apa aja bakat anak biar bisa diarahkan dan bisa diasah. Mana yang beneran cocok dn memberikan kemajuan sih.Kalau sesuai dengan keinginan dan kesenangan anak pasti tambah yahud

    ReplyDelete
  10. Wah, jadi punya pertanyaan nih..
    Apakah benar bakat itu genetik?
    Soalnya Ibuku suka bilang "Itu anaknya pinter jahit soalnya dulu neneknya punya tailor dan lariiss banget."

    Aku jadi mikir, kalaubakat itu genetik, bakatnya emakku gak ada yang nurun di aku. Hiiks~

    ReplyDelete
  11. Dari dulu kepikiran bikin jurnal anak tapi gak pernah kesampaian. Wkwkwk. Makasih diingatkan melalui tulisan ini mbak.

    ReplyDelete
  12. setuju banget smeua anak adalah bintang, mereka mempunyai potensi masing-masing dari sang pencipta, tinggal bagaimana kita sebagai orangtua mengembangkannya dan memunculkan kelebihna mereka masing-masing

    ReplyDelete
  13. Di rumah entah sering berantakan karena saking seringnya mencari bakat minat anak di mana
    Untungnya saya masih didukung suami agar tidak perlu lelah mikirin rumah yang berantakan
    Ada masanya

    ReplyDelete
  14. agak susah sih menemukan bakat anak sedari kecil apalagi kalau anak gak menunjukan minat terhadap apapun, lebih ke ini suka itu suka. auto buka link pandu45 karena penasaran. tapi kurang paham karena uraiannya banyak harus dibaca santay. bookmark dulu yaa

    ReplyDelete
  15. banyak yaa kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan sama anak. memang tugas ibu adalah membantu mengoptimalkan potensi anak2, meski dari rumah saja juga bisa

    ReplyDelete
  16. Setiap anak adalah bintang, saya suka dengan pembuka ini. Jadi ingin nonton langsung ulasan lengkapnya, makasih link videonya, Kak

    ReplyDelete
  17. beruntung banget nih bisa tahu tools untuk menemukan potensi anak-anak, jadi bisa bantu orang tua nih dalam mendampingi anak-anak menemukan potensinya.

    ReplyDelete
  18. Aku coba cek dan ricek tools pandu 45 dulu nih kak..Diunduh dimana tapi, ya? Hehe.. Biar bisa menemukan potensi dari anakku😊

    ReplyDelete