Selamat Hari Kunjung Perpustakaan! Yuk, Ajak Anak ke 5 Perpustakaan Ramah Anak Ini!

 

Hari Kunjung Perpustakaan

Halo Sahabat Bengkel Bunda.. 

Apa kabar? 

Semoga selalu baik, ya! 


Sahabat, tahukah jika hari ini diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan! 


Wah, bagaimana sejarahnya? Lalu apa saja ya perayaan yang dilakukan di Hari Kunjung Perpustakaan? 


Yuk, baca artikel ini sampai habis! 


Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan


Sahabat, Hari Kunjung Perpustakaan ini mulai diperingati sejak tahun 1995. Hari Kunjung Perpustakaan pertama kali digelar pada 14 September 1995. Peringatan ini merupakan gagasan Mastini Hardjoprakoso, Kepala Perpustakaan Nasional pada periode 1980-1998.


Peringatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang waktu itu masih sangat rendah.


Perayaan Hari Kunjung Perpustakaan bertujuan sebagai gerakan intelektual di Indonesia, terutama di dalam menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia.


Momentum tahunan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat gerakan literasi yang makin kreatif, serta membangkitkan semangat masyarakat agar berkunjung ke perpustakaan.


Manfaat Berkunjung ke Perpustakaan


Mengapa perlu berkunjung ke perpustakaan? Bagi anak, berkunjung ke perpustakaan ternyata memberikan banyak manfaat. 


Pertama, meningkatkan kemampuan otak anak. Tahukah sahabat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa membaca sebenarnya dapat membantu perkembangan otak, terutama dalam lima tahun pertama kehidupan anak.


Saat, anak-anak dibacakan sesuatu, sel-sel otak mereka akan menjadi semakin aktif. Menariknya lagi, hal ini juga dapat membentuk koneksi sel-sel baru pada otak, sekaligus memperkuat yang sudah terbentuk sebelumnya. Di sisi lain, membaca juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, yakni bahasa dan literasi dasar. 


Kedua, mengenalkan tanggung jawab ke anak. Berkunjung ke perpustakaan ternyata bisa melatih anak untuk bisa bertanggung jawab, lho. 


Perpustakaan memiliki berbagai tata tertib yang perlu dipatuhi oleh para pengunjungnya. Salah satunya ialah larangan untuk berisik atau membuat kegaduhan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab anak untuk senantiasa menaati peraturan yang berlaku. Selain itu, anak yang meminjam buku di perpustakaan tentunya dapat belajar akan tanggung jawab baru dalam menjaga barang milik orang lain.


Ketiga, meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Saat anak diajak ke perpustakaan, mereka bisa bertemu dengan teman sebayanya. Mereka bisa bersama-sama membaca buku di perpustakaan, dan bisa saling berkenalan. 


Keempat, meningkatkan kemampuan berimajinasi. Membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berimajinasi. Terutama karakter, tempat, gambaran benda, dan aspek lainnya dari cerita atau buku yang ia baca. 


Kemampuan berimajinasi ini bisa membuat anak menjadi individu yang kreatif. 


Baca Juga : Menemukan Potensi Anak Melalui Kegiatan di Rumah


Wah, banyak juga ya manfaat yang didapat saat mengajak anak berkunjung ke perpustakaan. Sahabat jangan ragu ya untuk mengajak anak ke perpustakaan. 


Apalagi, saat ini sudah banyak perpustakaan ramah anak. 


Rekomendasi Perpustakaan Ramah Anak


Saat ini, perpustakaan semakin dianggap penting untuk meningkatkan kemampuan literasi. Tak heran, banyak perpustakaan yang memberikan pelayanan prima dan ramah anak, seperti lima perpustakaan di bawah ini. 


Perpustakaan Umum DKI Jakarta


Perpustakaan umum DKI Jakarta
Perpustakaan umum DKI Jakarta | mediarooang



Perpustakaan Umum DKI Jakarta ini terletak di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki, tepatnya di sebelah Planetarium. 


Koleksi buku anak terletak di lantai dua. Di perpustakaan ini tak hanya ada buku bacaan saja, tetapi juga ada majalah dan berbagai permainan edukatif. 


Ada juga mainan perosotan dan mobil-mobil listrik. Tempatnya luas dengan pencahayaan yang bagus. Anak akan merasa betah membaca buku di sini. 


Perpustakaan Nasional


Masih di Jakarta, ada juga Perpustakaan Nasional yang juga nyaman untuk anak-anak. Layanan anak, berada di lantai 7. 


Koleksi buku anak di Perpustakaan Nasional ini sangat lengkap. Mulai dari buku cerita anak nusantara, ensiklopedia, buku agama dan juga buku bahasa. Semuanya penuh warna dan gambar, hingga menarik untuk dibaca anak-anak.


Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional | Merdeka



Ruangan baca anak di Perpustakaan Nasional ini sangat menarik. Dindingnya berwarna-warni dengan beragam gambar-gambar lucu yang sangat disukai anak. 


Ada juga sofa empuk yang nyaman. Anak-anak juga bisa memainkan beragam permainan edukatif yang ada. 


Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya


Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya juga punya layanan anak yang lengkap dan menarik. 


Di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya terdapat Children Play Land dan Children Corner yang dikhususkan untuk anak-anak. Children Play Land merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Sementara itu, Children Corner adalah tempat yang berisi buku-buku anak. 


Perpustakaan Balai Pemuda
Perpustakaan Balai Pemuda | dokpri



Baca Juga : Asyiknya Liburan ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya


Anak-anak bisa membaca buku dan bermain komputer disini. Bahkan juga ada berbagai permainan edukatif lainnya. 


Perpustakaan Anak dan Keluarga 


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat (DISPUSIPDA JABAR) memberikan fasilitas perpustakaan anak dan keluarga untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi. 


Berlokasi di Jalan Kawaluyaan Indah 2 No. 4 Soekarno-Hatta Bandung, Perpustakaan ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.


_.Perpustakaan Anak dan Keluarga ___Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat (DISPUSIPDA JABAR)
Perpustakaan Anak dan Keluarga| jejak akhi

Dispusipda Jabar memiliki koleksi sebanyak kurang lebih 60.716 judul buku, lebih dari 5.000 e-book, 100 lebih majalah serta koran.


Khusus untuk ruang baca anak dan keluarga berada di lantai 1. Selain membaca, anak-anak juga bisa meminjam alat permainan edukasi seperti lego, flash card dan lain sebagainya. Ada juga area playground yang bisa bikin anak betah berlama-lama di perpustakaan.


Grahatama Pustaka


Grahatama Pustaka adalah perpustakaan umum yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Layanan anak terletak di lantai 1. 


Grahatama Pustaka
Grahatama Pustaka | jogjaholic



Pada layanan anak ini, anak-anak tidak hanya bisa membaca berbagai buku anak saja. Tapi juga ada banyak fasilitas pendukung lainnya. 


Baca Juga : Merekatkan Bonding dengan Anak Melalui Komunikasi Antar Personal



Di lantai satu ini juga ada ruang bermain anak, ruang dongeng, hingga ruang musik. Bahkan, di perpustakaan ini anak-anak juga bisa menonton film melalui layanan cinema 6D yang ada di sana. 


Penutup


Berkunjung ke perpustakaan bisa dijadikan agenda rutin untuk anak-anak. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan anak saat berkunjung ke perpustakaan. 


Jadi, jangan ragu untuk mengajak anak-anak berkunjung ke perpustakaan secara rutin, ya! 



15 comments

  1. Senangnya perpustakaan kini makin ramah anak. Sehingga anak-anak tidak hanya bisa membaca berbagai buku anak saja, tapi juga bisa menikmati fasilitas pendukung lainnya.

    ReplyDelete
  2. perpustakaan sekarang kece2, ya. bikin anak betah baca deh kalau gini

    ReplyDelete
  3. Kalo diamati perpustakaan sekarang ramah anak banget ya mbk.. Ada area khusus yang beber2 didesain biar anak betah dan nyaman selama mereka di perpustakaan..

    ReplyDelete
  4. Iya nih.. pas banget kan besok sabtu mau ajak jalan-jalan Adek ke Perpustakaan. Biar belajar serunya baca buku disana

    ReplyDelete
  5. Perpus tempat kenangan buat aku, bukan karena ada gebetan tapi banyak buku2 yg aku suka kala SMP. 😄
    Asyik, seru perpus zaman now ya ini, fun abiiiis. Nagih ke perpus terus deh yaa.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah rekomendasi perpus nya bagus-bagus Mba. Dan faktanya emang perpus sekarang tuh pada keren2 loh cuma suka sepi sebagian udah beralih ke teknologi ya.

    ReplyDelete
  7. Perpustakaan yang ramah anak menjadi daya tarik tersendiri buat membangkitkan minat baca pada anak ya Mak, duhh makin kece aja perpuus jaman now, dibikin betah apalagi bisa nonton film melalui layanan cinema 6D. Smoga anak2 pun makin banyak yang berkunjung ke perpus. Aku terakhir ke perpus ini waktu SMA ada acara studi tour .

    ReplyDelete
  8. Sekarang perpustakaan semakin banyak yang ramah buat anak-anak, lengkap banget deh sesuai dengan yang dibutuhkan anak, mana gratis ya. Aku belum sempat mengajak anak-anak keliling perpustakaan di Jakarta

    ReplyDelete
  9. Baru tahu aku kalau ada hari kunjungan perpustakaan. Asyik banget kalau di daerah aku ada perpustakaan seperti di Balai Pemuda Surabaya, anak bakalan betah banget itu.

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada hari kunjung perpustakaan. Liburan sekolah nanti juga berencana anak2 untuk ke perpusatakaan terutama yang di Jakarta. Sering ngajakin anak ke perpus juga cukup menambah minat baca anak2 dan membuat mereka menyukai buku.
    Kalau yg di TIM sih udah pernah, mau ke sana lagi dan ke perpusnas :D

    ReplyDelete
  11. Wah, kalau perpustakaannya dilengkapi dinding warna-warni dengan beragam gambar-gambar lucu, lalu ada sofa empuk yang nyaman dan beragam permainan edukatif, kayaknya anak bakalan betah lama-lama di perpustakaan, yaa...

    ReplyDelete
  12. Kangen banget main ke perpus sama anak-anak.
    Sekarang aktivitas anak lebih sering dan sibuk urusan sekolah, jadi gak ada temen buat nongki seru di perpusda Bandung. Padahal di sana duluu kenangan kami banyak banget. Bisa dari siang jam 10 sampe sore ba'da ashar.

    Selamat Hari Kunjung Perpustakaan.
    Semoga literasi keluarga Indonesia semakin meningkat.

    ReplyDelete
  13. Salah satu tempat yang paling disukai anak-anak aku nih. Perpustakaan. Mereka seneng banget diajak ke sana. Alhamdulillah, di Bandung juga udah banyak perpustakaan yang ramah anak. Ada bagian atau pojok perpustakaan anaknya. Jadinya anak-anak bisa baca buku-buku bagus. Bisa main-main juga. Dan yang disukai orang tua, selain jadi tempat main gratis, juga bisa membiasakan anak-anak gemar baca.

    ReplyDelete
  14. Perpustakaan menyenangkan bikin anak betah dan bahagia ya bermain dan membaca buku

    ReplyDelete
  15. Wah saya baru tahu kalau ada hari kunjung perpustakaan mbak. Berkunjung dan membaca buku di perpustakaan tuh emang banyak manfaatnya ya, jadi saya sangat mendukung adanya hari kunjung perpustakaan ini

    ReplyDelete