Tips Anti Panik Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

 Dana pendidikan anak





Apa kabar sahabat Bengkel Bunda? 

Bulan Juli memang menjadi bulan perjuangan bagi setiap orang tua, ya! 


Bagaimana tidak, bulan Juli identik dengan dimulainya tahun ajaran baru. Di mana orang tua disibukkan dengan urusan sekolah anak-anak. Mulai dari kenaikan kelas atau daftar ke jenjang sekolah baru. 


Tentunya semua proses tersebut tak hanya menguras waktu dan tenaga saja, ya! Pastinya harus ada dana yang disiapkan. 


Akhir-akhir ini muncul berita, berapa banyak orang tua yang panik dan kelimpungan karena anaknya gagal masuk sekolah negeri. Banyak mereka yang kesulitan mendaftarkan biaya jika harus anak ke sekolah swasta. 


Tentu kondisi ini ingin kita hindari, ya! Pastinya kita ingin siap untuk proses pendidikan anak ini. 


Inilah pentingnya menyiapkan dana pendidikan anak. Jika sudah disiapkan jauh-jauh hari, pasti kita akan panik saat sudah waktunya. 


Di artikel ini, Bengkel Bunda akan berbagi tips anti panik menyiapkan dana pendidikan anak. 


Bagaimana Cara membakar Dana Pendidikan Anak?


Ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak. 


Tentukan tingkat pendidikan


Langkah pertama yang perlu sahabat lakukan adalah menentukan jenjang pendidikan terlebih dahulu. Apakah untuk SD (Sekolah Dasar), atau untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama), untuk SMA (Sekolah Menengah Atas), hingga kuliah. 


Pemilihan tahapan ini untuk menentukan kapan waktu yang tepat menyiapkan dana pendidikannya. Misalnya jika saat ini anak berusia 4 tahun, akan ada waktu 3 tahun untuk menyiapkan dana pendidikan ke SD. Begitu juga jenjang pendidikan yang lainnya. 


Survei sekolah


Jangan lupa untuk survey sekolah. Tentukan calon sekolah bagi anak. Dengan menentukan tujuan sekolah, sahabat bisa mencari tahu tentang biayanya. Sehingga dapat menentukan target berapa dana pendidikan yang harus disiapkan. 


Baca Juga : Panduan Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak


Hitung inflasi


Jangan lupa untuk mempertimbangkan inflasi. Sebab, setiap tahun akan selalu ada inflasi. Siapkan kenaikan dana pendidikan anak setiap tahunnya sekitar 5-10 %.


Pilih instrumen yang tepat


Jika untuk menyiapkan dana pendidikan dalam jangka pendek, misalnya dalam waktu 1-3 tahun, maka instrumen yang tepat adalah menabung. 


Sedangkan untuk jangka waktu panjang, beberapa instrumen bisa dipilih, mulai dari saham, reksadana, emas, hingga asuransi pendidikan


Penutup


Mendapatkan pendidikan yang layak adalah kebutuhan dasar bagi setiap anak. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan anak. 


Semoga tips ini bisa membantu para sahabat Bengkel Bunda , agar tidak panik saat menyiapkan dana pendidikan anak. 


Tetap semangat para orang tua. Semoga Allah mudahkan setiap ikhtiar dalam memenuhi hak anak mendapatkan pendidikan yang layak. Amin..








No comments