Panduan Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak

 

Panduan Memilih sekolah untuk anak



Bulan Juli adalah bulan yang cukup mendebarkan bagi setiap orang tua. Bagaimana tidak, bulan Juli adalah bulan yang bertepatan dengan tahun ajaran baru. Waktunya anak-anak daftar sekolah baru ataupun naik kelas. 


Tentu ini membutuhkan persiapan dana dan tenaga bagi orang tua. Harus siap menyediakan dana pendidikan, sekaligus mencari informasi tentang sekolah yang akan dipilih. 


Hari ini, tim Bengkel Bunda akan memberikan panduan bagaimana memilih sekolah yang tepat untuk anak. 


Baca sampai habis ya, sahabat. 


Panduan Memilih Sekolah untuk Anak


Orang tua kadang bingung. Bagaimana caranya agar bisa memilih sekolah yang tepar untuk anak. Takut jika salah pilih. Berikut panduan yang bisa sahabat ikuti dalam memilih sekolah untuk anak 


Tentukan jenis sekolah


Panduan pertama, tentukan jenis sekolah. Mau sekolah negeri atau sekolah swasta. Jika memilih sekolah negeri, jangan lupa ketahui persyaratannya dan sistem pendaftarannya. Misalnya, saat ini untuk masuk sekolah negeri menggunakan sistem zonasi. Sistem ini berharap agar anak bisa memilih sekolah yang tak jauh dari tempat tinggalnya. 


Sebaliknya, jika memilih sekolah swasta, pilih juga jenisnya. Sekolah swasta umum, sekolah swasta agama, atau sekolah swasta internasional. 


Baca Juga : Mengenal 4 Perempuan Hebat di Era Kebangkitan Nasional


Menentukan jenis sekolah terlebih dahulu akan memudahkan langkah selanjutnya dalam memilih sekolah. 


Lihat kurikulum yang digunakan


Kalau sudah tahu jenis sekolahnya, perhatikan kurikulum yang digunakan. Pastikan kurikulum yang digunakan oleh calon sekolah yang dipilih sesuai dengan kebijakan pemerintah dan sesuai dengan sistem nilai yang dianut oleh keluarga. 


Pendidikan urusan bersama, maka akan sangat baik jika semua pihak, mulai dari sekolah, pemerintah, dan keluarga bisa saling berkolaborasi. 


Fasilitas yang disediakan


Fasilitas yang dimiliki sekolah juga menjadi pertimbangan utama bagi orang tua saat memilih sekolah untuk anak. Fasilitas ini tak harus mewah, yang penting bisa mendukung proses belajar anak. 


Baca Juga : Ekstrakurikuler di Sekolah dan Panduan Memilih Ekskul untuk Anak


Dan tentu memperhatikan juga faktor kebersihan dan keamanannya. Ini semua untuk menjamin agar anak bisa belajar dengan nyaman dan aman. 


Lokasi


Pertimbangkan juga lokasi sekolah. Kalau bisa tidak terlalu jauh dari rumah. Atau bisa yang sejalan dengan tempat kerja orang tua, agar mudah mengantar jemput anak setiap harinya. 


Pastikan juga lokasinya tidak berada di tempat-tempat yang rawan bagi anak. 


Biaya


Pilih sekolah sesuai dengan kemampuan keuang orang tua. Tak perlu FOMO ikut-ikutan jika memang tak sesuai kemampuan. 


Biaya sekolah ini penting, sebab kelangsungan pendidikan bagi anak. Jangan sampai anak terhambat sekolah hanya karena biaya. 


Pendapat anak


Jangan lupa, tanyakan pendapat anak. Ajak anak saat berburu sekolah. Biarkan anak memilih sekolah seperti keinginannya selama sesuai dengan pertimbangan orang tua. 


Baca Juga : Merekatkan Bonding dengan Anak Melalui Komunikasi Antar Personal


Penutup


Demikian panduan memilih sekolah yang tepat  untuk anak. Semoga panduan ini bisa membantu sahabat Bengkel Bunda dalam mencari sekolah untuk anak. 

No comments