5 Cara Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dari Rumah

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

5 Juni 2023 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah "Beat Plastic Pollution". Tema ini menjadi pengingat pentingnya partisipasi masyarakat dalam menangani sampah plastik. 


Faktanya, Indonesia menduduki peringkat kedua negara penghasil plastik di laut terbanyak sedunia! Miris! 


Sahabat Bengkel Bunda bisa lho ikut memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, lho. Dari rumah kita bisa berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 


Bagaimana caranya? 


Baca sampai habis, ya! 



Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia


Sebelum kita membahas apa saja yang bisa kita lakukan untuk memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dari rumah, kita cari tahu dulu tentang sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, yuk! 


Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day sendiri sudah diperingati sejak 1973, sehingga pada tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-50. Setiap tahunnya ada isu khusus yang diangkat untuk memperingati World Environment Day, tahun ini Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat isu sampah plastik.


Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki makna yang dalam mengenai kesadaran individu untuk mengambil tindakan demi kehidupan bumi. Kegiatannya meliputi demonstrasi jalanan dan parade, konser, penanaman pohon, hingga kampanye pembersihan.


Cara Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dari Rumah


Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tak harus dengan turun ke jalan untuk menggelar aksi, lho. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dari rumah. 


Baca Juga : Tips Manajemen Waktu dengan Padlet


Memilah sampah


Memilah sampah bisa jadi cara pertama yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pilah sampah di rumah ke dalam beberapa kategori. 


Mulai dari sampah makanan, sampah daur ulang, hingga sampah bahan berbahaya. Memilah sampah ini akan membantu proses pengolahan sampah, lho. 


Melakukan gaya hidup minim sampah


Kita bisa melakukan gaya hidup minim sampah. Mulai dari diet kantong plastik, dengan selalu membawa tas belanja dan botol minum serta wadah makanan yang bisa dipakai berulang. 


Bisa juga dengan selalu menghabiskan makanan, agar tidak menghasilkan sampah makanan. 


Menjadi nasabah bank sampah


Sampah-sampah yang bisa didaur ulang, akan lebih baik jika disetor ke bank sampah. Saat ini sudah banyak bank di beberapa kota. 


Menjadi nasabah bank sampah akan membuat kita berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sekaligus membantu ekonomi sirkular. 


Baca Juga : Mengenal Intermittent Fasting, Aturan dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Adopsi hutan


Menjaga hutan tak harus dengan menanam pohon di hutan. Kita bisa melakukan donasi adopsi hutan. Hasil donasi ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan pemeliharaan hutan. 


Share ke sosial media


Jangan lupa selalu dokumentasikan setiap kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan. Kemudian share ke media sosial. 


Baca Juga : Bersama Bergerak Berdaya Mengurangi Sampah Plastik untuk Bumi yang Lebih Lestari


Biar apa? Biar semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. 


Penutup


Nah, bagaimana? Mudah bukan? 

Lima cara di atas bisa sahabat Bengkel Bunda lakukan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dari rumah. 



 

No comments