5 Resolusi Hidup Sehat di Tahun Baru

Resolusi tahun baru


Halo, sahabat Bengkel Bunda

Apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya!

Bagaimana? Masih semangat melakukan resolusi tahun baru? 

Harus semangat, ya!

Bicara tentang resolusi, pasti banyak sahabat Bengkel Bunda yang menuliskan "hidup sehat" sebagai salah satu resolusi tahun baru, ya kan?

Meski paling sering ditulis sebagai resolusi tahun baru, ternyata resolusi hidup sehat adalah resolusi yang paling sering gagal!

Wah, kok bisa ya! Bisa. Kenapa resolusi hidup sehat gagal, bisa saja karena kita kurang spesifik dalam menuliskannya. 

Ya, resolusi yang tidak ditulis secara spesifik, berpotensi untuk gagal. Jadi, yuk mulai sekarang kita tulis secara spesifik resolusi hidup sehat.

Bagaimana caranya? 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita tulis dan lakukan untuk hidup sehat.

1. Olahraga rutin

Lakukan olahraga rutin, jika tidak bisa setiap hari, minimal lakukan 3x seminggu. Sediakan waktu 30 menit untuk berolahraga.

Jenis olahraganya pilih saja mana yang paling sahabat suka. Agar saat olahraga, hati kita gembira.

Bisa saja melakukan olahraga yang bervariasi. Biar nggak bosan. Misalnya saya yang memilih jogging, yoga, pilates, bersepeda, dan fitness sebagai olahraga pilihan. Tiap hari beda olahraganya, biar nggak bosan dan tetap gembira saat berolahraga.

2. Pola makan seimbang

Lakukan pola makan seimbang. Penuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin secara lengkap. Agar tubuh kita sehat dan memperoleh haknya. 

Baca Juga : Resolusi Tahun Baru

Kurangi gula dan makanan cepat saji. Jadikan buah sebagai pengganti camilan. Beralihlah ke makanan minim minyak.

3. Tidur cukup

Tidur cukup sangat penting bagi tubuh. Mau hidup sehat tentu harus mencukupi kebutuhan tidur. Jangan begadang, sayangi tubuh kita. 

4. Perbanyak minum air putih

Tahun 2023 jadikan momentum yang tepat untuk memperbanyak minum air putih. Jika memungkinkan tinggalkan minuman manis, beralihlah ke air putih yang menyehatkan.

5. Kelola stres

Hidup sehat tak hanya memperhatikan kesehatan fisik saja, tetapi juga secara psikis. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres. 

Baca Juga : Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Yuk, Perbaiki Manajemen Waktumu!

Menuliskan jurnal syukur bisa jadi cara yang efektif untuk mengelola stres. Kenali diri sendiri. Fokus pada kekuatan, siasati kelemahan. Dengan begitu, kita akan terhindar dari stres. 

Bagaimana? Lima resolusi hidup sehat di atas sangat mudah dilakukan, bukan? Dengan menuliskan resolusi, maka kemungkinan berhasilnya semakin besar. 

Yuk, semangat sahabat Bengkel Bunda!




No comments