Pages

Krisis Identitas dan Cara Mengatasinya

 

Halo sahabat Bengkel Bunda, apa kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja, ya

Hari ini saya mau cerita tentang krisis identitas. Hmm siapa disini yang pernah mengalami krisis identitas? Pastinya kita semua pernah mengalami krisis identitas. 

Mengalami krisis identitas adalah hal yang wajar. Tak perlu malu saat kita sedang mengalaminya, yang penting kita segera berusaha untuk mengatasinya. 

Bagaimana cara mengatasi krisis identitas? Yuk baca artikel ini sampai habis, ya! 

Apa itu Krisis Identitas?

Sebenarnya apa pengertian krisis identitas? Krisis identitas adalah sebuah peristiwa dimana individu mempertanyakan keberadaan dirinya. Bertanya tentang arti diri sendiri. 

Baca Juga : Mengenal Karakter

Menurut psikolog perkembangan Erik Erikson, krisis identitas menjadi proses penting dalam membentuk diri seseorang. 

Tanda Krisis Identitas

Sebenarnya krisis identitas bukanlah sebuah diagnosa. Melainkan keadaan dimana individu sering disibukkan dengan beragam pertanyaan seputar dirinya. 

Tanda krisis identitas biasanya dilihat dari beberapa pertanyaan sebagai berikut : 

1. Apa yang saya sukai? 

2. Apa nilai-nilai yang saya anut?

3. Siapa saya? 

4. Apa yang ingin saya raih? 

5. Apa peran saya?

6. Apa tujuan hidup saya? 

Bila pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul dari waktu ke waktu, maka bisa dibilang bahwa kita sedang mengalami krisis identitas. Terkadang, krisis identitas juga disertai dengan gejala-gejala depresi seperti mudah marah, kehilangan minat, mudah lelah dan memilki suasana hati yang buruk. 

Penyebab Krisis Identitas

Penyebab krisis identitas adalah perubahan yang terjadi tiba-tiba. Perubahan yang tiba-tiba ini membuat diri kaget dan tidak siap.

Apalagi jika perubahan itu adalah peristiwa yang tidak menyenangkan. Misalnya kegagalan dalam menjalin hubungan, kehilangan seseorang yang dikasihi atau saat mengalami kegagalan dalam pekerjaan. 

Cara Mengatasi Krisis Identitas

Bila menyadari sedang mengalami krisis identitas, apa yang harus kita lakukan? 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis identitas.

1. Coba kenali diri sendiri

Cara pertama dalam mengatasi krisis identitas ini adalah cobalah untuk mengenali diri sendiri. Lakukan dialog dengan diri. Cari tahu tentang diri sendiri. Bisa juga dengan menggunakan beberapa tools pengenalan diri sendiri, misalnya tes ST 30. 

Baca Juga : Mengenal Bakat Melalui ST 30

2. Menulis jurnal syukur

Menulis jurnal syukur bisa membantu kita dalam mengatasi krisis diri. Dengan melatih bersyukur setiap hari, kita bisa menyakini bahwa diri kita berharga. Tak perlu rendah diri lagi. 

3. Mencoba hal baru

Mencoba melakukan hal baru bisa menjadi cara yang tepat mengatasi krisis diri. Misalnya dengan mencoba hobi baru. 

Baca Juga : Bagaimana Karakter Terbentuk

Hobi baru tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa membantu kita mengembangkan hal baru dalam diri kita. Siapa tahu, hobi baru itu bisa mengeluarkan potensi diri yang masih terpendam.

4. Mencari dukungan

Menemui ahli untuk mengatasi krisis identitas ini juga boleh dilakukan. Misalnya dengan berkonsultasi dengan para psikolog. Atau bisa juga bercerita kepada orang terdekat. 

Penutup

Krisis identitas adalah sebuah proses yang wajar dalam kehidupan. Tak perlu takut dan terpuruk saat mengalaminya. Hal yang harus dilakukan adalah bangkit mengalami krisis identitas ini. 

Demikian artikel tentang krisis identitas dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat Bengkel Bunda yang sedang mengalami krisis identitas. 

Ingin bercerita tentang krisis identitas yang pernah dialami? Yuk ditunggu komentarnya, ya!

Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment