7 Manfaat Membuat To Do List Harian

7 Manfaat Membuat To Do List Harian


Halo sahabat Bengkel Bunda, apa kabarnya? 

Semoga selalu sehat, ya. 

Setelah menuliskan 5 cara membuat to do list harian yang efektif, hari ini saya mau berbagi tentang manfaat membuat to do list harian. 

Siapa tahu, tulisan ini bisa menginspirasi sahabat Bengkel Bunda untuk mulai membuat to do list harian. Atau, buat yang sudah membuat to do list harian, bisa terus konsisten. 

Pentingnya Membuat To Do List Harian

Setiap harinya kita tentu punya banyak kegiatan yang harus dilakukan, ya. Banyaknya kegiatan yang harus kita lakukan setiap harinya seringkali membuat kita lupa. 

Saya contohnya, pernah lupa harus posting artikel di blog. Cukup gawat dampak dari kelupaan itu. Apalagi jika artikelnya adalah artikel sponsor post dari klien. 

Membuat to do list harian menjadi salah satu atomic habit yang saya latih selama sebulan terakhir ini. Membuat to do list harian menjadi sebuah kebiasaan kecil yang punya dampak besar. 

Baca Juga : Dahsyatnya Kekuatan Atomic Habits

Saya sudah membuktikannya. Selama sebulan terakhir ini, saya berusahan konsisten membuat to do list harian setiap harinya. Itu memberikan perubahan yang cukup signifikan bagi saya secara pribadi maupun bagi orang-orang yang ada disekitar saya. 

Bagi saya, membuat to do list harian itu penting. Ini yang membuat saya selalu memulai pagi saya dengan membuat to do list harian. 

Manfaat Membuat To Do List Harian

Membuat to do list harian itu tak hanya penting, tetapi juga punya banyak manfaat. Selama sebulan terakhir ini, saya berusahan konsisten membuat to do list harian setiap harinya. 

Ini adalah beberapa manfaat membuat to do list harian yang saya rasakan.

⏺️ Membantu Mengingat

Manfaat pertama yang langsung saya rasakan saat membuat to do list harian adalah membantu mengingat. Ketika sudah menuliskan semua kegiatan yang harus saya lakukan setiap harinya di to do list harian, maka saya tidak akan lupa. Tidak ada lagi kegiatan yang saya lewatkan. Sebab semuanya sudah saya ingat, melalui pencatatan di to do list harian. 

⏺️ Belajar Memanajemen Waktu

Membuat to do list harian bermanfaat bagi saya untuk belajar memanajemen waktu. Saya jadi belajar bagaimana mengatur waktu dengan baik. 

Makanya, membuat to do list harian menjadi salah satu KPI (Key Performance Indicator) saya dalam menyelesaikan problem statement saya di Bengkel Bunda ini. 

⏺️ Mendorong Produktifitas

Dengan membuat to do list harian, sahabat Bengkel Bunda bisa semakin produktif. Kok bisa? Bisa dong!

Baca Juga : Cara Mengasah Potensi Diri dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Saat membuat to do list harian, kita menuliskan kegiatan yang penting. Tidak ada kegiatan yang tidak penting. Ini menjaga kita untuk selalu melakukan hal yang penting setiap harinya. Kita bisa memanfaatkan waktu secara produktif. 

⏺️ Membantu Fokus

Siapa yang masih belum bisa fokus? Mudah teralihakan? Ah itu saya. Dulu, sebelum membuat to do list harian saya sering kurang fokus.

Niatnya berbalas komentar di sosial media untuk meningkatkan engagement, eh malah scrolling kebablasan. Parah!! 

Tapi, sejak membuay to do list harian saya jadi lebih fokus. Saat buka sosial media saya nggak akan scrolling kebablasan. Scrolling untuk meningkatkan engagement saja. 

⏺️ Menentukan Prioritas

Menentukan prioritas terkadang menjadi sebuah hal yang berat untuk dilakukan. Namanya juga manusia, kadang punya banyak keinginan. Meski tidak semua kegiatan itu penting. 

Dengan membuat to do list harian, kita bisa terlatih menentukan prioritas. Kita akan melakukan apa yang prioritas dalam kehidupan kita sehari-hari. 

⏺️ Sumber Semangat

Saya selalu mengawali membuat to do list harian di awal pagi. Ini jadi mood booster tersendiri buat saya. Saat melihat kegiatan yang harus saya lakukan, saya jadi semangat menjalani hari. 

⏺️ Mengurangi Stress

Membuat to do list harian itu nyatanya bisa mengurangi stress, lho. Saya tidak lagi kemrungsung setiap harinya. Tidak ada lagi stress karena melupakan melakukan sesuatu. Jadi lebih rileks menajalani peran sehari-hari. 

Penutup

Baru satu bulan konsisten membuat to do list harian, sudah memberikan saya banyak manfaat. Ini menjadi pemacu bagi saya untuk terus konsisten membuat to do list harian setiap harinya. 

Baca Juga : 5 Cara Membuat To Do List Harian yang Efektif

Bagaimana dengan sahabat Bengkel Bunda? Apakah semakin terpacu untuk konsisten membuat to do list harian? 

Semoga artikel 7 manfaat membuat to do list harian ini bisa menjadi inspirasi bagi sahabat Bengkel Bunda untuk membuat to do list harian. 

Terima kasih.

No comments